Home Politik Cak Imin: Ulama di Pulau Jawa Total Dukung Jokowi

Cak Imin: Ulama di Pulau Jawa Total Dukung Jokowi

47
Cak Imin: Ulama di Pulau Jawa Total Dukung Jokowi
Cak Imin: Ulama di Pulau Jawa Total Dukung Jokowi/Batulanteh

Batulanteh.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar tak khawatir dengan cara berkamanye Prabowo-Sandiaga dengan mendekati kalangan pesantren. Cak Imin yakin cara itu tidak begitu efektif.

Ia yakin para ulama-ulama di daerah menjadi milik pasangan Jokowi-Ma’ruf. Baginya, sangat pantas bila suara kalangan pesantren diincar untuk mengisi lumbung suara.

“Para kiai para ulama itu biasanya punya satu pola pikir dan sikap yaitu jumhur ulama, yaitu mengikuti pendapat sebagai ulama mashur atau yang punya kredibelitas, terkenal atau ulama yang punya jumlah pendukung banyak,” kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (8/10/2018).

Menurutnya, para ulama di pulau Jawa sudah total mendukung capres dan cawapres nomor urut 01. Terlebih, Ma’ruf Amin yang mendampingi Jokowi merupakan figur ulama.

“Zumhur ulama ini Alhamdulillah banyak pendukung Kiai Ma’ruf yang ada di seluruh Jawa,” imbuhnya.

Di luar Jawa pun daya tarik Ma’ruf Amin kuat. Hal itu tercermin dari kunjungan Cak Imin ke Kalimantan Selatan.

Menurut dia, para ulama menyadari Ma’ruf sebagai sosok yang menjembatani pemerintah dengan institusi pesantren melalui gerakan sosial keagamaan. Karena itu dia tidak khawatir safari politik kubu pesaing ke lumbung suara Islam.

“Mereka semakin menyadari kalo Kiai MA adalah jembatan emas menuju pola hubungan pola pemerintah dengan pesantren pemerintah dengan ulama,” kata Wakil Ketua MPR itu.

Dia pun mengatakan bahwa kunjungan Ma’ruf ke sejumlah pesantren bukan bagian dari kampanye. KPU melarang kampanye dilakukan di lembaga pendidikan, termasuk pesantren.

“Kalau kampanye tidak, kalau silaturhami saya kira tidak masuk kategori kampanye,” tutupnya. (TM)

Sumber: Liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here