Connect with us

OPINI

Cerita Unik Pati Ongong, Raja Kecil dari Baturotok

Published

on

Cerita Unik Pati Ongong, Raja Kecil dari Baturotok

Cerita Unik Pati Ongong, Raja Kecil dari Baturotok

Sumbawa, Batulanteh.comDesa Baturotok adalah salah satu desa yang berada di kecamatan batulanteh kabupaten Sumbawa besar. Terkenal dengan keindahan alam serta budayanya yang selalu menarik perhatian banyak orang untuk berkunjung kesana. Selain itu sejarah dari para pejuang juga melekat erat dari para pendulu mereka. diantaranya seperti Baham dan Pati Ongong.

Nah, kali ini kita akan mengulas cerita unik dari Pati ongong yang merupakan raja kecil bagi masyarakat Baturotok saat itu. Dari namanya Pati sendiri berarti raja kecil yang memiliki kuasa pada satu wilayah dan memiliki ilmu kesaktian yang jarang dimiliki oleh banyak orang.

Konon katanya, menurut cerita banyak orong Pati ongong sendiri memiliki kuasa disatu wilayah di pegunungan kecil yang sering disebut batu mano. Batu mano adalah gunung kecil yang masih terjaga kelestariannya sampai sekarang dan di kaki gunung inilah menjadi tempat berkebun dan bercocok tanam bagi sebagian kecil masyarakat Baturotok saat ini.

Kesaktian Pati ongong begitu terkenal sehingga banyak sekali orang yang ingin berguru ilmu kanuragan kepadanya. Tidak hanya diwilayah Baturotok bahkan sampai wilayah Orong telu dan seluruh pelosok sumbawa kala itu.

Gunung Batu mano berada diketinggian -+ 1300 mdpl dan rumah beliau tepat di puncak gunung tersebut. Tangganya berupa sebuah batu besar dan masih ada hingga sekarang. Hanya saja batu tersebut sudah berpindah ke kaki gunung akibat ulah orang – orang yang membenci pati ongong karena keinginan mereka tak dikabulkan sang raja.

Cerita Unik Pati Ongong, Raja Kecil dari Baturotok

Makam Pati ongong/Batu mano Bao rapang

Akibat kesaktiannya yang begitu terkenal dan menyebar ke segala pelosok maka tak heran setiap harinya selalu saja ada orong yang datang meminta kesaktian dan beliau selalu memberikan satu syarat. Syaratnya yakni mereka wajib membawakan satu ember (skencong) darah nyamuk dan lalat sebagai bukti keseriusan mereka. Sekilas, bagi mereka syarat itu adalah mustahil rasanya untuk dipenuhi dan oleh sebab itulah mereka frustasi dan menjadi begitu benci dengan pati ongong.

Batu tangga dan kuburan Pati ongong masih terjaga hingga saat ini. Hanya saja kapan persis beliau meninggal masih ditelusuri hingga sekarang. kuburannya persis berada berdekatan dengan batu besar yang merupakan tangga rumahnya. (TM)

Untuk cerita lebih lengkap dari Pati ongong. Simak video berikut ini:

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACA JUGA