SHARE
Prihal Kiblat Masjid Baturotok yang Dinilai Melengceng

Sumbawa,  Batulanteh.com – Masyarakat Desa Baturotok Kabupaten Sumbawa Besar dikagetkan dengan munculnya kabar rumah ibadah (Masjid) di Kabupaten Sumbawa tepatnya di desa Baturotok menghadap pada kiblat yang salah.

Sejak 2012 lalu, Warga panik sebab masjid tersebut telah digunakan selama beberapa tahun, namun baru diketahui keliru setelah adanya pemberitahuan dari pihak tertentu, yang menyebutkan jika posisi Kiblat Masjid tersebut tidak sesuai dengan arah yang sebenarnya.

Masjid tersebut dibangun  sekitar puluhan tahun yang lalu dan telah difungsikan oleh warga sejak pertama dibangun,” Baru sekarang dikabarkan kalau posisi kiblat salah, kurang 20 drajat, tadinya yang semula lurus kini sudah banyak warga yg beralih mengikuti arah kiblat sesuai kompas.

Saat ini akibatnya sebagian warga setempat memutuskan tidak mengikuti arah bangunan Masjid dan ada juga yang mengarahkan sejadah dalam posisi mengikuti masjid atau seperti dulu,” tegas Abdul Wahab salah satu warga Baturotok.

BACA JUGA: Apabila Dana Desa Bermasalah, Ini Cara Mengatasinya

Jika kita berpatokan pada arah kompas memang agak miring sekitar kurang lebih 20 derajat,” lanjut dia.

Dan kini terkait polemik arah kiblat didesa Baturotok hingga saat ini belum memiliki titik temu dan masih menjadi perdebatan hangat.  (Tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here