SHARE

Batulanteh.com – Gempa berkekuatan 6,5 magnitudo kembali mengguncang wilayah Lombok Tiimur, Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan keterangan dari Kabag Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hari Tirto, gempa terjadi pada pukul 11.10 WIB.
“Tidak berpotensi tsunami,” jelas Haripada Minggu (19/8).

Lokasi pusat gempa berada di 32 km timur laut Lombok Timur. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km. menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho,  guncangan gempa 6,5 SR di Kecamatan Sembalun Kab. Lombok Timur mengakibatkan Batu-batu berjatuhan menuruni lereng perbukitan dan Gunung Rinjani namun hingga saat ini dipastikan tidak ada korban jiwa.

Sebelumnya, di Lombok Utara terjadi gempa berkekuatan 7,0 magnitudo pada 5 Agustus lalu. Berdasarkan catatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akibat gempa 7,0 magnitudo tersebut menyebabkan 469 orang meninggal dan 7.773 luka berat.

Korban meninggal terbanyak terdapat di Kabupaten Lombok Utara, disusul Lombok Barat 24 orang, Kota Mataram 6 orang, Lombok Tengah 2 orang dan Kota Denpasar 2 orang. (Tom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here