SHARE
Kenawa, Pulau Tak Bertuan Berbalut Keindahan Surga
Kenawa, Pulau Tak Bertuan Berbalut Keindahan Surga
Kenawa, Pulau Tak Bertuan Berbalut Keindahan Surga
Kenawa, Pulau Tak Bertuan Berbalut Keindahan Surga

Sumbawa, Batulanteh.com – Berwisata menikmati keindahan di tempat keramaian mungkin sudah biasa, tetapi pernah kah kita mencoba berwisata di tempat yang sepi tapi indah? Nah, bagi para traveler kayaknya wajib mencoba nih, mengeksplorasi salah satu pulau di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pulau itu bernama Kenawa.

Pulau Kenawa merupakan pulau tak berpenghuni yang terletak berdekatan dengan dermaga Pelabuhan Poto Tano. Tempat ini bisa menjadi destinasi baru karena eksotisme padang savana, bukit, dan panorama pantai berpasir putih yang menawan.

Pulau ini menjadi salah satu dari gugusan Gili Balu (pulau delapan) yang secara administrasi masuk dalam wilayah Kabupaten Sumbawa Barat. Sejak pertama kali diketahui eksotismenya, kawasan ini juga kerap menjadi lokasi berkemah para warga sambil menikmati keindahan alamnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, Kenawa sendiri konon merupakan sebutan warga setempat karena di pulau ini dulunya dipenuhi tumbuhan perdu dengan bunga berwarna merah. Bunga merah tersebut bernama Bunga Kenawa.

Untuk mencapai pulau tersebut sangat mudah, para traveler bisa menyewa perahu nelayan (bermuatan 10 orang) dengan biaya sewa 250 ribu persatu perahu (bolak-balik) dan menempuh perjalanan sekitar 25 menit melewati teluk.

Namun, jangan khawatir semuanya akan terbayar saat menginjakkan kaki di pulau eksotis ini, seperti yang diungkapkan salah seorang pengunjung, Iffa asal Mataram.

Iffa mengaku baru pertama kalinya menjamah pulau Kenawa ini, tetapi kesan pertamanya menjadi sebuah hadiah. Karena ia tidak menyangka indahnya pulau yang terletak dan hampir jarang diketahui oleh orang-orang ini.

“Pertama kali ke sini, saya merasa puas banget, tempatnya indah. Malamnya juga enak banget. Diam di tenda sambil menikmati bintang malam,” kata Iffa kepada Liputan6.com.

Selain hamparan rumput savana dengan paduan perbukitan yang indah di kawasan ini, para pengunjung bisa menikmati sensasi gugusan pantai sepanjang gili dengan hamparan pasir putih yang cocok untuk sekadar bersantai.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati aneka permainan seperti banana boat, berenang, atau bermain snorkling menikmati keindahan terumbu karang, dan panorama keindahan bawah laut yang masih natural.

Bagi para traveller yang suka menikmati suasana alami, kawasan ini juga sangat cocok untuk tempat berkemah sambil berburu foto matahari terbit dari puncak bukit Kenawa dan juga menikmati sensasi bermalam di pulau kecil yang dikelilingi pantai eksotis dan gugusan bintang. (TM)
Sumber: Liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here