Connect with us

Berita Desa

Musim Panen Raya, Harga Kopi di Batulanteh Malah Turun

Published

on

Musim Panen Raya, Harga Kopi di Batulanteh Malah Turun

Musim Panen Raya, Harga Kopi di Batulanteh Malah Turun/Batulanteh

Batulanteh.com, Sumbawa – Petani sentra produksi kopi Batulanteh di Kabupaten Sumbawa, NTB menyayangkan dalam beberapa pekan terakhir harga kopi turun menjelang berakhir musim panen. Harga biji kopi robusta di Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa, NTB, turun hingga mencapai Rp4.000 per kilogram.

Berdasarkan pantauan di Desa Baturorok, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa, Selasa (18/9/2018), harga biji kopi robusta di tingkat petani pada awal panen masih Rp24.500 per kilogram, kini turun menjadi Rp20.500 per kilogram.

Petani kopi warga Desa Baturotok, iwan (45) mengatakan harga biji kopi dalam beberapa pekan terakhir menjelang akhir panen turun Rp4.000 per kilogram.

Dia menjelaskan tidak tahu sebab pasti kenapa harga kopi menurun drastis seperti, padahal faktor cuaca bisa dibilang tidak ada karena hingga saat ini cuaca dalam kondisi baik-baik saja.

Penurunan harga tersebut kemungkinan karena produksi kopi tahun ini cenderung melimpah dibanding tahun lalu. Petani warga Desa Baturotok menjelaskan produksi kopi tahun ini memang lebih baik dari tahun lalu karena pada saat berbunga disertai hujan yang cukup.

Hingga akhir Agustus kemaren dipastikan panen kopi telah selesai, dan ada sebagiaan petani yang belum menjual hasil kopinya lantaran menunggu harga kopi kembali stabil seperti awal panen. (TM)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACA JUGA