SHARE
Jokowi Bersama Donald Trump/Batulanteh
Jokowi Bersama Donald Trump/Batulanteh
Jokowi Bersama Donald Trump/Batulanteh
Jokowi Bersama Donald Trump/Batulanteh

Batulanteh.com – Kubu pendukung bakal calon presiden Prabowo SubiantoSandiaga Uno, mengusulkan agar debat Pilpres 2019 yang diselenggarakan oleh KPU nanti diisi dengan sesi berbahasa Inggris. Lalu bagaimana tanggapan dari kubu JokowiMa’ruf Amin?

Menanggapi usulan itu, Jokowi bicara soal bangsa Indonesia. Dia mengatakan Indonesia memiliki bahasa nasional, yakni Bahasa Indonesia.

“Kita ini kan bangsa Indonesia. Kita ini bangsa Indonesia, kita punya bahasa nasional bahasa Indonesia,” kata Jokowi usai memberikan pengarahan di Rakornas IV Relawan Pro Jokowi (Projo) di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Cawapres Jokowi, Ma’ruf Amin juga mengatakan tak perlu mengada-mengada soal usulan debat capres-cawapres menggunakan bahasa Inggris.

Dia mengatakan debat haruslah menggunakan bahasa Indonesia. “Saya kira kita orang Indonesia ya pakai bahasa Indonesia lah,” sambungnya.

KPU sendiri menyatakan akan mengkaji terlebih dahulu mengenai jumlah masyarakat Indonesia yang memahami bahasa Inggris jika format debat ingin diubah menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia.

Hal ini penting dipertimbangkan karena substansi debat untuk memberikan gambaran kepada seluruh masyarakat mengenai visi dan misi kandidat capres-cawapres. (TM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here