Home Ekonomi Program Desa Bebas Rentenir Bisa Selamatkan Warga Miskin Batulanteh

Program Desa Bebas Rentenir Bisa Selamatkan Warga Miskin Batulanteh

SHARE
Program Desa Bebas Rentenir Bisa Selamatkan Warga Miskin Batulanteh

Sumbawa besar,  Batulanteh.com – Sahabat Center melalui Forum Sumbawa Hebat dan Bermartabat (SAHABAT) mendorong terwujudnya Desa Bebas Rentenir melalui Pinjaman Tanpa Bunga Dalam Rangka Mewujudkan Desa Bebas Rentenir yang dikenal dengan istilah Krabat (kredit sahabat) .

Program ini digadang – gadang bisa menyelamatkan banyak masyarakat miskin yang ada di Sumbawa Besar.  Salah satunya yakni masyarakat miskin yang berdomisili di kecamatan Batulanteh.

Berstatus sebagai kecamatan terisolir menyebabkan Batulanteh masih jauh dari kebebasan finansial, maka tak heran banyak sekali rentenir- rentenir yang memanfaatkan momen ini demi meraup keuntungan sebesar – besarnya dari masyarakat miskin yang ada diseluruh desa di Batulanteh.

Di desa Baturotok contohnya,  masyarakat yang melakukan pinjaman kepada rentenir akan di kenakan bunga sebesar 50% – 75%. Itu artinya jika mereka meminjam uang sebesar 1 juta rupiah maka masyarakat harus membayar sejumlah 1,5 juta – 1,75 juta rupiah.

Banyaknya kebutuhan mendesak serta minimnya pendapatan menjadi alasan utama masyarakat disana terpaksa melakukan pinjaman kepada rentenir seperti kebutuhan sekolah anak serta  kebutuhan pangan dsb.

BACA JUGA : Perlu Dicontoh, Desa ini Transparansikan Dana Desa Lewat Baliho

Seperti dilansir baritasumbawa.net, program Desa bebas rentenir merupakan salah satu program strategis yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) priode 2016-2021.

Pemerintah berharap apa yang akan dihasilkan program Desa Bebas Rentenir Dan Pinjaman Tanpa Bunga,  bisa membantu pemerintah dalam mewujudkan Desa bebas rentenir dan implementasi pinjaman tanpa bunga, membangun semangat kewirausahaan dan produktifitas masyarakat Kabupaten Sumbawa dan mengembangkan ekonomi kerakyatan dan semangat gotong royong, tegas Lukman Hakim, SP.,M.Si. selaku Koordinator Badan Pekerja Sahabat Center.

Selain itu, dia juga berharap bisa bekerjasama dan Memaksimalkan Peran Koperasi dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Memaksimalkan peran BUMD dalam hal ini PD BPR NTB. Memperluas Peran Perbankan baik Bank Pemerintah maupun Bank Swasta. Memaksimalkan peran dan fungsi Zakat (Zakat Produktif).

Sebagai tahap awal, dalam APBD 2017 telah dialokasikan dana sebesar Rp 15 milyar untuk pelaksanaan program gerakan desa bebas rentenir yang terformulasi dalam kredit sahabat atau krabat demi menurunkan dikemiskinan di kabupaten Sumbawa seperti apa yang telah direncanakan Bupati saat ini,  H.M.Husni Jibril, B.sc (Tm)