Home Ekonomi Perlu Dicontoh, Desa ini Transparansikan Dana Desa Lewat Baliho

Perlu Dicontoh, Desa ini Transparansikan Dana Desa Lewat Baliho

16
Perlu DIcontoh, Desa ini Transparansikan Dana Desa Lewat Baliho
Perlu Dicontoh, Desa ini Transparansikan Dana Desa Lewat Baliho/Batulanteh

Batulanteh.com – Publik ingin terlibat mengetahui dan mengawasi aliran dana desa yang diterima Pemerintahan Desa tidak sulit. Itu karena Pemerintahan Desa se-Tanahlaut diminta transparan dalam penggunaan.

Desa yang sudah melakukan transparansi penggunaan dana desa itu adalah Desa Bumijaya, baliho APBDes dipasang di papan iklan milik Humas Pemerintah Kabupaten Tanahlaut di depan pagar Balai Desa Bumijaya, Kamis (8/9/2016).

Desa lainnya yang juga meniru transparansi anggaran penggunaan dana desanya adalah Desa Pemuda. Cuma balihonya di pasang di depan kantor desa Pemuda.
Di Desa Ambungan, baliho dipasang di dinding kantor desa Ambungan sehingga bisa dilihat publik dari jalan. Ketiga desa yang melaksanakan transparansi itu berada di wilayah Kecamatan Pelaihari.

Kepala Desa Bumijaya, Mulyono mengaku membuat baliho rencana Anggaran Pendapatan dan Belanda Desa Bumijaya agar memudahkan warganya turut melakukan pengawasan dan mengetahui hasil dari musyawarah rencana pembangunan di desa.

“Isi baliho itu adalah APBDesa yang sudah disepakati bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa Bumijaya. Baliho ini juga anjuran kepala daerah,” katanya.

BACA JUGA : Dana Desa Prioritaskan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Tanahlaut, Muhammad Syahid membenarkan imbauan kepala daerah agar pemerintahan desa melaksanakan transparansi penggunaan dana desa.

“Desa terdekat yang sudah melaksanakan transparansi penggunaan dana desa adalah Deaa Bumijaya. Itu sering dikunjungi BPMPD Provinsi Kalsel kalau datang melakukan pengecekan. Memang belum semua memasang baliho transparansi APBDes mereka” katanya. (Tm)

Sumber : http://banjarmasin.tribunnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here