Home Ekonomi Inilah 7 Contoh Usaha Potensial Di Desa

Inilah 7 Contoh Usaha Potensial Di Desa

SHARE
Inilah 7 Contoh Usaha Potensial Di Desa

BATULANTEH.COM – Ada berbagai macam potensi di desa yang apabila anda dapat melihat dengan tepat, maka anda bisa mengambil dan mengasah potensi tersebut menjadi sebuah bisnis atau usaha desa yang menguntungkan. BSeperti dilansir dari Berdesa.com, berikut ini beberapa usaha yang dapat dilakukan di daerah pedesaan.

1. Usaha Ternak Ikan Lele

Ikan lele merupakan jenis ikan yang mampu hidup dalam kondisi air keruh, bahkan ikan lele dapat hidup tanpa diberi makan asalkan kolam yang di gunakan ditanami dengan tumbuhan seperti kangkung. Usaha ikan lele dapat dijadikan sebagai usaha desa sampingan yang menguntungkan. Dengan modal awal usaha kurang dari 500 ribu, usaha lele cukup menghasilkan keuntungan yang menggiurkan karena setelah panen anda dapat menjual lele dengan harga 15 ribu per kilogram.

2. Usaha Ternak Ayam

Usaha peternakan lain yang dapat anda jadikan usaha menguntungkan sebagai usaha desa adalah usaha beternak ayam. Ayam merupakan hewan yang dapat di ambil daging dan telurnya untuk keperluan lauk sehari-hari. Sebelum memulai usaha ternak ayam, anda harus menentukan jenis ayam apa yang ingin anda ternak, ayam kampung, ayam boiler atau pedaging atau ayam petelur. Jika anda ingin mendapatkan hasil keuntungan yang cepat maka beternak ayam boiler/pedaging bisa jadi solusi.

3. Usaha Budidaya Tanaman Hias

Selain beternak, usaha lain yang dapat dijalankan di desa adalah usaha tanaman hias. Usaha yang berkaitan dengan tanaman sangat cocok apabila di jalankan di pedesaan dikarenakan tanah dan udara di desa yang masih alami. Anda dapat memulai usaha ini dengan mencari bibit tanaman hias yang mudah untuk dirawat lalu menjual kembali hasil tanaman anda.

4. Usaha Toko Kelontong

Usaha toko kelontong merupakan jenis usaha yang dapat di jalankan dengan modal kecil namun menguntungkan. Jika anda merupakan orang yang sudah berkeluarga maka usaha toko kelontong dapat di jalankan oleh istri anda di rumah. Namun anda harus melihat terlebih dahulu peluang usaha toko kelontong ini, apakah ada usaha toko kelontong di sekitar rumah anda, jika anda nanti hanya akan memunculkan persaingan dan permusuhan, lebih baik cari usaha lainnya.

5. Usaha Bimbingan Belajar

Jika anda bekerja sebagai seorang guru, pengajar ataupun memiliki ilmu pengetahuan lebih, tidak ada salahnya jika anda membuka usaha bimbingan belajar di rumah anda, anda dapat menjalankan bisnis ini sebagai bisnis sampingan dan dapat di jalankan selepas pulang mengajar atau bekerja.

6. Membuka Usaha Jahit

Usaha selanjutnya yang dapat anda lakukan ialah membuka usaha jahit, namun tentu saja anda diharuskan bisa menjahit untuk memulai usaha ini. Usaha jahit dari waktu ke waktu terus menunjukkan perkembangan, ini tidak terlepas dari kebutuhan sandang yang terus meningkat. Selain membuka usaha jahit anda juga bisa memberikan bimbingan belajar menjahit kepada orang di sekitar anda.

7. Usaha Potong Rambut

Nah, usaha tanpa modal yang dapat anda jalankan ialah usaha potong rambut, usaha ini hanya memerlukan gunting, sisir dan juga kain lebar. Tetapi lagi-lagi tentu saja dengan catatan anda memiliki skil memotong rambut, anda harus banyak belajar memotong rambut dengan gaya dan model yang mengikuti perkembangan zaman, karena jika anda berhasil memberikan pelayanan yang memuaskan dengan hasil yang bagus akan banyak pelanggan yang datang kepada anda.

Bagaimana sudah tertarik untuk mencoba? (TM/Gn)