Home Ekonomi Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Kuras Duit Jelang Lebaran

Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Kuras Duit Jelang Lebaran

SHARE
5 Hal Ini Bisa Kuras Duit Jelang Lebaran
5 Hal Ini Bisa Kuras Duit Jelang Lebaran – Batulanteh.com

Batulanteh.com – Lebaran yang selalu dinanti-nantikan untuk menghabiskan waktu bersama sanak keluarga, sering membuat kita lupa diri. Asalkan semua bahagia, tak jarang keuangan pun dikorbankan. Ingat, tak selamanya kebahagiaan bisa didapatkan dari hidup serba mewah.

Agar kamu tak lagi meratapi keuangan setelah Lebaran, segera antisipasi apa saja yang menjadi penyebab keuanganmu membengkak.

Coba waspadai lima hal ini yang mungkin menjadi momok utama keuangan menjadi ludes tak berbekas, seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Biaya mudik yang memakan budget

Biaya mudik memang memakan budget, apalagi jika lokasi kampung halaman beda pulau dan harus naik pesawat. Belum lagi, jika kamu telah berkeluarga, maka budget-nya pun makin berlipat ganda. Namun, tenang saja, ada dua solusi cerdas yang bisa kamu pilih.

Pertama, kamu dapat mengikuti program Mudik Lebaran 2017 yang digelar oleh pemerintah maupun pihak swasta lainnya. Umumnya, program mudik Lebaran ini tak memungut biaya. Dan pilihan kedua adalah kamu dapat membeli tiket minimal dua bulan sebelum keberangkatan.

Sebab, harganya tentu jauh lebih murah dibandingkan membeli mendadak. Selain itu, belum tentu masih ada tiket yang dapat kita beli saat mepet Lebaran.

2. Peningkatan harga sembako

Kira-kira siapa, ya, yang akan dibuat sakit kepala saat menjelang Lebaran? Tentunya para ibu rumah tangga yang dibuat pusing dengan harga sembako. Daging, bawang, dan minyak goreng adalah beberapa sembako yang harganya dijamin melonjak drastis!

Solusinya cukup mudah, kok. Selalu buat daftar belanja super rinci sebelum pergi ke pasar. Pastikan kamu tak tergoda untuk membeli barang-barang yang tak sesuai dengan daftar belanja.

Satu lagi, kamu bisa berbelanja di tempat langganan agar mendapatkan potongan harga. Biasanya jika sudah langganan, kamu juga bakal dapat hadiah Lebaran dari si penjualnya!

Simak video menarik berikut ini:

3. Tradisi membeli baju baru, sepatu baru, hingga tas baru

Karena tingginya gengsi, malu dong Lebaran tak memakai pakaian dan aksesori serba baru. Kalau perlu perhiasan pun harus di-upgrade dengan harga yang lebih mahal!

Nah, mindset inilah yang perlu diubah menjelang Lebaran. Sebab, yang terpenting adalah dapat berkumpul bersama keluarga. Namun, jika kamu masih ingin membeli pakaian baru, bisa membeli di online shop yang tengah banjir diskon!

4. Upgrade furnitur

Tak hanya pakaian saja, para ibu rumah tangga juga berlomba-lomba memperbarui furniturnya nih sebelum Lebaran.

Mulai dari gorden hingga sendok pun rasanya ingin diganti dengan yang baru. Tahan, selama masih bisa dipakai kenapa harus beli yang baru?

5. Bertambahnya jatah angpau

Sebelum bagi-bagi angpau ke saudara, sepupu, ataupun anak tetangga, yuk dihitung-hitung dulu budget-nya. Apalah arti kata hati ingin bagi-bagi duit saat Lebaran, jika gaji dan THR-mu saja belum mencukupi kebutuhan utama.

Amannya, batasi budget untuk angpau. Misalnya, kamu menyiapkan budget sebesar Rp 500 ribu. Maka, sebanyak apa pun anak-anak yang datang ke rumah, budget tersebut harus dibagi rata.

Jadi, kamu tak perlu mengeluarkan budget lebih. Nanti, kalau tahun depan naik jabatan, bisa deh nambahin budget angpaunya.

Ternyata inilah lima hal yang perlu diwaspadai agar keuangan tidak membengkak sebelum Lebaran. Pintar-pintar atur duit dan selalu menahan diri bisa jadi kunci utama. Selamat mencoba!.(Tm)
Sumber: Liputan6.com