SHARE
Dana Desa Wajib Ciptakan Lapangan Kerja Minimal 200 Orang

Batulanteh.com, Sumbawa – Pemerintah menganggarkan dana desa hampir Rp 60 triliun pada 2018. Dana desa ini diharapkan bisa membangun ekonomi melalui masing-masing daerah.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengharapkan dana desa tersebut juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa melalui peningkatan lapangan kerja.

“Kita mulai 2018 itu fokus ke program padat karya. Minimal 200 orang harus dapat pekerjaan melalui dana desa yang hampir Rp 60 triliun itu,” kata Pramono dalam Indonesianisme Summit 2017 di Hotel Grand Shaid Jaya, Jakarta, Sabtu (9/12/2017).

Dengan jumlah dana desa tersebut, Pramono menuturkan, setiap desa akan mendapat anggaran mulai dari Rp 1,5 miliar hingga Rp 2 miliar. Dana tersebut harus digunakan untuk proyek-proyek padat karya di desa.

Selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan, diharapkan dana desa ini mampu mengurangi kesenjangan sosial (gini ratio) di masyarakat. Gini ratio, menurut Pramono, masih tinggi di pedesaan.

Pramono menuturkan, saat ini, angka kemiskinan di Indonesia masih sekitar 11-12 persen. Namun demikian, Presiden RI Joko Widodo menargetkan angka kemiskinan itu bisa di bawah 10 persen di akhir masa kepemimpinannya nanti.

“Gini ratio untuk tahun 2019 itu Pak Presiden menginginkan di angka 0,38 persen. Kalau ini bisa tercapai, maka nanti angka kemiskinan bisa single digit,” papar dia.

Oleh karena itu,sebagai pendukung, pemerintah pusat juga terus menggenjot pembangunan infrastruktur mulai dari jalan tol hingga jalan-jalan nasional. Selain itu, pelabuhan dan bandara terus dikembangkan di wilayah terpencil seperti daerah terluar Indonesia. (TM)
Sumber: Liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here