Home Ekonomi Batulanteh Berpotensi Jadi Pemasok Sayur di Kabupaten Sumbawa

Batulanteh Berpotensi Jadi Pemasok Sayur di Kabupaten Sumbawa

251
Batulanteh Berpotensi Jadi Pemasok Sayur di Kabupaten Sumbawa
Batulanteh Berpotensi Jadi Pemasok Sayur di Kabupaten Sumbawa FOTO/Wahdi Septiawan/ss/mes/14.Potensi 

Batulanteh.com – Selain kopi, petani di Kecamatan Batulanteh sudah banyak yang memilih untuk bercocok tanam sayur-sayuran. Dengan memanfaatkan lahan perkebunan dan persawahan, petani di wilayah ini diyakini bisa menjadi pemasok sayur untuk kabupatenj Sumbawa hingga puluhan ton per bulannya.

Seperti yang disampaikan Asarudin warga Desa Baturotok, Kecamatan Batulanteh, Sumbawa, pada Selasa (18/10/2018).

ia mengakui sayur mayur hasil produksi pertanian dengan memanfaatkan lahan yang subur serta produktif bisa menjadi pemasok utama dibeberapa pasar trasdisional di Kabupaten Sumbawa.

“Kami memanfaatkan lahan-lahan produktif untuk dijadikan lahan bercocok tanam sayur mayur. Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan sejauh ini. Sementara ini, sayur mayur ini dijual kepada warga desa dari berbagai kecamatan untuk dipasarkan ditoko swalayan karena akses menuju kota masih terbilang sulit,” ungkapnya.

Adapun jenis sayuran hasil produksi sayuran di Batulanteh, berupa timun, daun dan bunga pepaya, cabai, buncis, kacang panjang, kol, sawi, tomat, bayam, brokoli, bengkoang dll. Meskipun tanpa kepastian pasar yang jelas, para petani tetap memilih bercocok tanam . Hal ini membuktikan tanah Batulanteh sangat cocok untuk tanaman sayur mayur.

“Sayangnya Pemda Sumbawa sampai saat ini masih menutup mata akan potensi besar ini. Padahal jika infrastruktur dan pelatihan untuk petani bisa terus di kerjakan dan ditingkatkan maka tak heran akan banyak lagi warga Batulanteh akan lebih tertarik lagi menanam sayur mayur.” tegas Ace.

Kelompok tani binaan akan dikategorikan berhasil memanfaatkan lahan perkebunan untuk bercocok tanam sayuran jika kepastian pasar mereka terjamin. Dengan catatan, hasil yang didapatkan petani cukup menjanjikan demi memastikan kebutuhan pasar terpenuhi. (TM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here