Home Ekonomi Batu Rotok, Desa Penghasil Kopi Terbesar di NTB

Batu Rotok, Desa Penghasil Kopi Terbesar di NTB

24
Sumbawa, BATULANTEH.COM – Teletak di kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa. Desa Baturotok yang merupakan desa terbesar dengan 9 dusun dan sekaligus  menjadi desa dengan jumlah penduduk terbanyak di kecamatan ini menjadikan kopi sebagai sumber mata pencaharian utama masyarakat. Dimana hampir 100 % penduduk di desa ini menjadikan kopi sebagai penghasilan utama mereka. Maka tak heran jika masyarakat desa Baturotok sangat bergantung pada kopi itu sendiri.

Akses transfortasi menuju kecamatan ini masih terbilang sangat memprihatinkan. Pemerintah kota sumbawa seperti menutup mata akan masalah ini. Padahal seperti kita ketahui bersama ada banyak sekali potensi besar yang tersimpan disana yang kedepannya diyakini bisa dikembangkan sehingga mampu membantu pemerintah daerah sumbawa dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi khususnya disektor pertanian dan perkebunan.

Hasil bumi yang di hasilkan dari desa-desa yang terletak di kecamatan Batulanteh sangatlah beragam selain kopi. Ada juga aneka jenis buah-buahan dan tanaman2 yang langka seperti cengkeh dan vanilli. Akibat tranfortasi yang tidak memadai mennyebabkan hasil bumi masyarakat disana tak bisa dijual ke kota Sumbawa. Pemerintah sumbawa diharapkan bisa melihat potensi ini demi  memajukan pertumbuhan ekonomi di kabupaten sumbawa. 

Jika Pemda Sumbawa bisa memaksimalkan potensi yang ada di Batulanteh maka masyarakat disana bisa menjadi  penyuplai kebutuhan- kebutuhan masyarakat kota sumbawa seperti sayuran dan buah – buahan khususnya dan NTB pada umumnya yang mana selama ini selalu didatangkan dari pulau Lombok. (Tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here