SHARE
Bangun Tower Telekomunikasi, Warga Batulanteh Sambut Baik
Bangun Tower Telekomunikasi, Warga Batulanteh Sambut Baik
Bangun Tower Telekomunikasi, Warga Batulanteh Sambut Baik

Sumbawa, Batulanteh.comKecamatan Batulanteh dalam waktu dekat ini baru akan  merasakan akses telekomunikasi, yang mana ini sudah menjadi salah satu yang paling diidam – idamkan oleh masyarakat disana.  Seperti diketahui bahwa kecamatan Batulanteh merupakan kecamatan yg dapat dikategorikan tertinggal dalam banyak hal, salah satunya adalah akses telekomunikasi, kementerian Tekhnologi dan informatika melalui dinas Kominfo Kabupaten Sumbawa memberikan bantuan pemasangan tower untuk dua titik yakni, di Desa Bao Desa dan Desa Tepal.

Rencana nya tower ini akan beroperasi dalam beberapa bulan mendatang,setelah melalui beberapa tahapan diantaranya proses pemasangan, aktivasi dan prosedur operasi. Tower ini menggunakan sumber listrik dari tenaga surya. Seperti diketahui pengajuan lokasi titik pemasangan tower ini diajukan di empat titik yaitu di Desa Tepal, Tangkam Pulit, Bao Desa dan Desa Baturotok.  Namun yang akan terealisasi dalam waktu Dekat hanya di dua Desa yakni di Bao Desa dan Tepal.

Pengajuan program pemasangan tower ini tidak terlepas dari peran berbagai pihak baik dari unsur pemerintah, masyarakat umum maupun lembaga swadaya masyarakat. Peran pemerintah kecamatan Batulanteh maupun pemerintah Desa di lingkup kecamatan Batulanteh didorong oleh lembaga kecamatan yakni Batulanteh Center (BLC) yang berperan aktif dalam melakukan advokasi dalam berbagai bentuk permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

BACA JUGA: Program Desa Bebas Rentenir Bisa Selamatkan Warga Miskin Batulanteh

Dengan adanya Pemasangan tower ini diharapkan masayarakat dikecamatan Batulanteh bisa merasakan manfaatnya terutama empat Desa yaitu Desa Tepal, Desa Baturotok, Desa Bao Desa dan Desa Tangkan Pulit mengingat kecamatan Batulanteh dari pasca kemerdekaan sama sekali belum merasakan akses telekomunikasi sehingga masyarakat sangat terhambat dalam melakukan komunikasi baik dengan masyarakat sekitar maupun dengan keluarga di luar Daerah.

Menurut sekretaris kecamatan Batulanteh Syarifah, S.Sos.M.si yang diwawancarai oleh Batulanteh.com di kantor camat Batulanteh menegaskan bahwa pemasangan Tower ini telah diusulkan sejak tahun 2016 lalu, dengan adanya pemasangan tower ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan akses ini sebaik mungkin untuk kemajuan masyarakat Batulanteh. Karena  kendala komunikasi hampir semua pelayanan terkendala dalam hal pelayanan masyarakat terutama ketiks ada hal-hal yang sangat penting seperti musibah bencana alam, masyarakat sakit maupun urusan pribadi lainnya,selama ini msayarakat hanya bisa melalui surat menyurat untuk dapat memperoleh informasi.

Dengan adanya akses telekomunikasi ini diharapkan masyarakat dapat menggunakan jaringan Handpone maupun jaringan internet untuk dapat mengakses informasi demi kemajuan Batulanteh kedepan.(is)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here