SHARE
Alokasi Dana Desa Naik 10 Persen di 2018

Batulanteh.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menaikkan alokasi dana desa sebesar 10 persen pada 2018. Pada 2017, total dana desa yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 60 triliun.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Budianso Teguh Widodo mengatakan, kenaikan alokasi dana desa setiap tahunnya telah sesuai dengan amanat dari Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Kebijakan yang baru kita akan meningkatkan anggaran dana desa sampai 10 persen dari dan di luar transfer ke daerah sesuai amanat UU Nomor 6,” ujar dia di Gedung DPD RI, Jakarta Rabu (21/6/2017).

Dia menjelaskan, ada dua aspek yang menjadi perhatian pemerintah dalam penyaluran dana desa ini, yaitu pemerataan dan keadilan. Dengan demikian, dana desa ini diharapkan berdampak pada penurunan angka kemiskinan dan pemerataan pembangunan infrastruktur.

“Dana desa yang bersumber dari APBN nanti akan dialokasikan dengan memperhatikan dua aspek, satu secara pemerataan dan kedua aspek keadilan. Karena itu maka pada 2018 nanti porsi antara pemerataan dan keadilan ditunjukkan dengan persentase alokasi dasar, tetapi akan memperbesar bobot dari pada 4 kriteria, jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis,” jelas dia.

Selain itu, pemerintah juga akan terus melakukan penyempurnaan alokasi dana desa. Alokasi ini terutama akan ditujukan mulai dari desa sangat tertinggal hingga desa-desa di wilayah perbatasan.

“Penyempurnaan alokasi dana desa, melalui perubahan formula tadi, dan kebijakan afirmasi, yaitu pada pertama desa sangat tertinggal, dan desa tertinggal, lalu desa yang ada lokasi tertinggal, perbatasan dan kepulauan,” tandas dia. (Tm)
Sumber: Liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here