Connect with us

Berita Desa

Sering Gagal, 7 Hal ini Bisa Hambat Kemajuan BUMDes di Desa

Published

on

7 Hal ini Bisa Menghambat Kemajuan BUMDes di Desa

7 Hal ini Bisa Menghambat Kemajuan BUMDes di Desa/Batulanteh

Sumbawa, Batulanteh.com – Sejauh ini perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mendorong kesejahteraan masyarakat melalui sejumlah unit usaha yang dibangunnya, masih terbilang jauh dari harapan. Ada banyak sekali desa masih banyak yang belum bisa mendirikan atau mengembangkan lembaga BUMDes ini. Lalu apa kendala yang dihadapi oleh BUMDes sehingga menghambat kinerja mereka dalam mengembangkan kemajuan bumdes dan meningkatkan ekonomi desa sehingga  mampu mensejahterakan masyarakat desa.

Melalui penelusuran Batulanteh.com ditemukan beberapa hal yang menghambat kerja BUMDes di desa sehingga tak mampu bergerak menjadi mesin pendorong perekonomian masyarakat. 9 Hal ini Bisa Menghambat Kemajuan BUMDes di Desa antara lain:

1. Pemahaman Pemerintah desa tentang BUMDes

Dalam fokusnya bumdes memiliki peran penting didesa. Hal ini tentu membutuhkan kolaborasi dari banyak pihak baik itu pemerintah desa maupun masyarakat desa itu sendiri. Pemerintah desa dalam ini kepala desa, perangkat desa serta BPD harus memiliki fokus yang sama dengan pengurus BUMDes dalam memajukan ekonomi desa. Diantaranya dalam pengembangan unit usaha, desa harus memiliki target yang sama sehingga fungsi bumdes sebagai kemitraan benar – benar bisa memaksimalkan kinerjanya dan menjadikan unit -unit usaha berkembang pesat.

2. Fokus pada pembangunan fisik

Pembangunan fisik bukan fokus pekerjaan utama BUMDes. Memaksimalkan potensi desa dengan membangun SMD yang unggul serta melibatkan seluruh elemen yang ada di desa adalah fokus utama bumdes. Selain itu membangkit semangat wirausaha UMKM didesa sangat memmerlukan kehadiran BUMDes baik itu di pendampingan maupun di dukungan permodalan jika bUMDes tersebut memiliki unit usaha simpan pinjam.

3. Minimnya sosialisasi kepada masyarakat

Dalam memaksimal fokus dan target kerja BUMDes maka hal yang harus dilakukan adalah komunikasi. Masyarakat harus paham tentang BUMDes. Tugas dan fungsi BUMDes harus dipahami bersama sehingga tidak adanya kesalapahaman yang terjadi dalam melakukan program – program kerja BUMDes itu sendiri.

4. Adanya Penyelewenangan Dana Desa

Dana BUMDes merupakan bahan bakar dari BUMDes itu sendiri. Untuk itu support dana untuk BUMDes harus dimaksimalkan bila perlu tidak harus dari desa saja. Desa dalam ini jika ingin mendukung kerja BUMDes tidak boleh mengintervensi dan melakukan penyelewengan dana.

5. Minimnya SDM yang mengurus BUMDes

BUMDes dalam manajemennya memerlukan orang – orang yang mumpuni di bidang ini. Mengurus BUMDes tidak semudah yang dibayangkan. Pengurus BUMDes dituntut untuk bisa menghasilkan laba yang besar sehingga mampu memberikan PADes bagi desa dan mampu membangkitkan ekonomi desa serta mensejahtrakan masyarakat desa serta mengurangi pengangguran didesa. Untuk itu SDM – SDM yang ada dalam tubuh BUMDes harus mampu melakukan hal – hal diatas, minimal paham managerialnya sudah tertanam di benak mereka.

6. Rendahnya minat anak muda dalam BUMDes

BUMDes sendiri tidak cukup menarik bagi sebagian besar anak muda untuk berkarya. Masih sulit meyakinkan kaum muda bahwa BUMDes bisa menjamin kesejaheraan untuk para pegiatnya. Ini yang membuat anak muda belum banyak berkiprah di BUMDes, akibatnya logika usaha yang dibangun sebagian besar BUMDes masih dijalankan dengan model konvensional karena dijalankan oleh kaum tua yang minim akan enovasi.

7. Kesalahpahaman dalam fokus kerja BUMdes

Kondisi ini diperparah dengan gencarnya kampanye yang menciptakan citra bahwa BUMDes harus menghasilkan keuntungan besar dengan bentuk profit (rupiah). Padahal BUMDes tidak sepenuhnya seperti itu. Keuntungan rupiah besar yang realistis bagi sebagian besar desa tidak lebih penting daripada manfaat sosial bagi masyarakat sehingga bisa menggerakkan dan mendorong berkembangnya ekonomi desa.

Itulah 9 Hal yang bisa Menghambat Kemajuan BUMDes di Desa. Jika ada masalah – masalah lain yang mungkin menghambat BUMDes bisa dibagikan dikolom komentar untuk dicari solusinya secara bersama – sama. (TM)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACA JUGA