Connect with us

Berita Desa

Pemda Sumbawa Angkat Tangan, Pemprov NTB Hotmix Jalan Baturotok

Published

on

Pemda Sumbawa Angkat Tangan, Pemprov NTB Hotmix Jalan Baturotok

Kades Baturotok bersama camat Orong telu, tim Pt. Metro Lestari dan Abdul Aziz (RCS)

Sumbawa, Batulanteh.comDesa Baturotok merupakan salah satu dari beberapa desa terpencil yang masih tergolong dalam kategori terisolir di Sumbawa, NTB. Jalannya yang belum pernah tersentuh peningkatan dengan kondisi tanah berlumpur tanpa pengerasan serta penuh tanjakan dan turunan curam apalagi aspal. kondisi ini membuat akses kesana sangat sulit dilalui. Bahkan di musim hujan aksesnya bahkan terputus akibat tidak ada kendaraan yang mampu menuju Baturotok.

Meskipun status ruas jalan ini adalah milik pemerintah Kabupaten Sumbawa dan seperti diketahui bersama pemkab Sumbawa tidak pernah memiliki anggaran yang cukup untuk menangani akses jalan menuju desa penghasil kopi ini.

Untuk itu Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mempunyai perhatian besar terhadap akses jalan ke desa-desa terpencil seperti ini. Khususnya ke Baturotok. Tahun 2021 ini, melalui kebijakan diskresi Gubernur, jalan ke Baturotok akan dikucurkan anggaran sebesar Rp 20 miliar.

Dilansir dari radarsumbawa.id Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi NTB H.Sahdan, ST, MT di hadapan Kepala Desa Baturotok Edi Wijaya Kusumah di ruang kerjanya, Kamis (28/1) “ini merupakan langkah pertama pemerintah provinsi membantu masyarakat Baturotok,’’ katanya.

PT. Metro Lestari, yang merupakan pemenang tender dari proyek ini akan segera melakukan survey dan pengukuran jalan sebagai upaya awal dalam pengerjaan jalan Pelita – Baturotok.

“insyaallah lusa hari selasa (16/2) kita akan turun ke lapangan untuk melakukan survey dan pengukuran dari ujung aspal pelita sampai Baturotok”, ungkap salah satu kontraktor PT tersebut.

Untuk itu, H.Sahdan berharap pemerintah kabupaten tidak lepas tangan. Karena memang status jalan tersebut adalah menjadi tanggung jawab kabupaten. ‘’Kita harapkan kabupaten tidak lepas tangan,’’ harapnya.

Di kesempatan itu, Kades Baturotok Edi Wijaya Kusumah berterimakasih sekali atas perhatian pemerintah provinsi NTB. Meskipun anggaran yang dikucurkan dinilai belum mencukupi, namun Kades yakin anggaran sebesar itu bisa mempermudah akses jalan dari Orong Telu-Baturotok.

Edi berharap kepada pemerintah kabupaten Sumbawa untuk memberikan perhatian serius terhadap perbaikan jalan menuju BaturRotok ini. ‘’Kami sudah bosan mendengar janji-janji ini. Kami bersuara hingga turun ke jalan-jalan melakukan aksi demonstrasi sejak tahun 2006. Sudah sejak empat belas tahun lalu,’’ pungkasnya.

“Kami tidak akan pernah berhenti bersuara sampai akses jalan menuju Baturotok diperbaiki, Baik itu jalur Orong telu ke Baturotok maupun Batudulang menuju Baturotok”. Tutupnya  (TM)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACA JUGA