Connect with us

Berita Desa

8 Persen Dana Desa 2021 untuk Tangani Covid-19

Published

on

8 Persen Dana Desa 2021 untuk Penanganan Covid-19

8 Persen Dana Desa 2021 untuk Penanganan Covid-19

Sumbawa, Batulanteh.com – Kebijakan yang tertuang dalam surat edaran DJPK Kementerian Keuangan/Kemenkeu nomer 2 tahun 2021 dan Instruksi Kementerian Desa atau Inmendesa nomer 1 tahun 2021 dikatakan bahwa minimal 8 persen dana desa wajib digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Selain itu didalam Inmendesa tersebut dikatakan bahwa dana desa bisa digunakan untuk PPKM skala mikro dengan kewenangan desa. Begitu pula pada Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Inmendagri) nomer 3 tahun 2021 yang mengintruksikan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa.

Menurut Ibrahim, Kasi Pengelolaan Keuangan desa DPMD kabupaten Sumbawa menjelaskan bahwa alokasi dana tersebut bisa digunakan untuk, misalnya pembuatan posko dan pembentukan satgas covid-19 ditingkat desa. “Cuma memang tidak dialokasikan pada Belanja Tidak Terduga, tapi pada kegiatan. Lalu mengenai nomenklatur nanti dimana rekeningnya, sudah ada dikami. Kami siapkan di Aplikasi Siskeudes,”ungkapnya

Selanjutnya, bagi desa yang telah melakukan penetapan APBDes, maka secara otomatis melakukan perubahan penjabaran penggunaan anggaran. “Artinya bagi desa yang sudah menetapkan APBDes, nanti otomatis melakukan perubahan penjabaran penggunaan anggaran. artinya dia tidak perlu melakukan perubahan Perdes APBDes-nya. Nanti itu baru ditampung ketika perubahan APBDes reguler,” tutupnya.

Sementara itu, data per hari ini menunjukkan di NTB ada total 9.598 pasien yang terkonfirmasi terpapar covid 19 dan 8.296 telah dinyatakan sembuh. 903 pasien lainnya masih dalam proses tahap penyembuhan dan isolasi. (TM)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACA JUGA