Connect with us

Berita Desa

5 Program Memajukan Desa yang Wajib Didukung

Published

on

5 Program Memajukan Desa yang Wajib Didukung

5 Program Memajukan Desa yang Wajib Didukung

Sumbawa, Batulanteh.com – Pembangunan nasional yang sukses artinya, pemerataan yang terjadi di semua wilayah dan berbagai bidang. Langkah pertama dan utama yang harus dilakukan pemerintah adalah dengan program memajukan Indonesia dari desa.

Tidak menutup kemungkinan apabila dikelola dengan baik, maka desa akan mendukung perekonomian Indonesia. Desa menyimpan berbagai potensi kekayaan alam yang luar biasa. Hanya saja, untuk mengembangkannya, dibutuhkan sumber daya manusia yang inovatif, berdaya saing tinggi, dan tanggap terhadap dinamika.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlu adanya program memajukan desa. Diantara program-program tersebut, akan dibahas lebih detail di bawah ini!

1. Prukades (Program Penerapan Produk Unggulan Kawasan pedesaan)

Program memajukan desa yang pertama adalah dengan adanya Prukades. Program ini bertujuan untuk menciptakan produk unggulan yang diperoleh dari sumber daya desa tersebut.

Dengan begitu, Prukades akan mendorong perekonomian suatu desa dalam kluster yang lebih produktif. Melalui program ini, ada insentif khusus agar desa dapat lebih fokus untuk mengembangkan berbagai produk unggulannya.

Baca Juga Peluang Usaha Makanan Ringan di Desa
Selain itu, program memajukan desa yang satu ini akan menjadi solusi untuk pelaku ekonomi desa yang mengalami kendala permodalan.

2. Pembangunan Embung Desa

Mungkin, banyak yang meyangsikan apa relasi antara pembangunan embung dengan kemajuan suatu desa. Embung sendiri adalah penampungan air yang mempunyai skala besar.

Berdasarkan pada data dari kemendes, sebagian besar desa mengalami sulitnya ketersediaan infrastruktur untuk mengairi sawah. Padahal, kamu tahu sendiri jika perekonomian desa, utamanya digerakkan dari pertanian.

Sehingga, embung menjadi kebutuhan yang paling utama untuk membangun ekonomi desa. Terlebih, untuk menaikkan produksi panen sampai 2 atau 3 kali lipat setiap tahunnya.

3. Pengembangan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)

Selain diadakannya Prukades, ada badan lain yang menjadi program memajukan desa di bidang ekonomi, yakni dengan membentuk BUMDes. Program yang merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Desa ini menjadi salah satu hal yang diharapkan mampu jadi motor yang menggerakkan ekonomi desa.

BUMDes dikelola dengan mengutamakan keunggulan dari suatu desa. Biasnaya, setiap desa mempunyai bentuk BUMDes yang berbeda juga. BUMDes bisa berdiri dalam bentuk pengelolaan daur ulang sampah, pengelolaan desa wisata, penyewaan tenda, serta minimarket.

Baca Juga Edaran Kemendesa Tentang Protokol Normal Baru Desa
Sehingga, BUMdes akan menjadi sumber utama penghasilan suatu desa. Dana yang dihasilkan pun dapat mendukung berbagai program memajukan desa yang lain.

4. Pembangunan Sarana Olahraga

Program memajukan desa yang selanjutnya adalah membangun sarana olahraga. Program ini dapat menggali potensi dari pemuda agar bisa lebih aktif untuk membangun desa.

Sehingga, berbagai aktivitas negatif seperti narkoba, tawuran, serta premanisme bisa disalurkan pada kegiatan olahraga. Pembangunan sarana olahraga bisa menjadi pemicu pusat keramaian pada kawasan publik.

Sehingga, keramaian ini bisa mendorong peningkatan aktivitas ekonomi desa. Sebab, pemuda bisa mengadakan kegiatan seperti liga sepak bola dan sebagainya.

5. Pembangunan Pasar Desa

Pasar desa juga tidak kalah penting dengan program lainnya, disini seluruh masyarakat desa akan bertemu dan melakukan transaksi jual beli. Program ini tentu bisa menjadikan ekonomi desa bisa meningkat pesat. Perputaran ekonomi didesa akan meningkat secara signifikan dan berkelanjutan.

Selain menyelenggarakan berbagai program memajukan desa, maka ada hal lain juga yang harus diperhatikan agar desa semakin berkembang. Langkah ini harus dilakukan oleh masyarakat, yakni dengan cara mengawasi berbagai hal. Berikut pembahasannya!

Kemajuan desa sangat ada kaitannya dengan kepemimpinan pemerintahannya. Kepemimpinan desa sendiri terbagi atas dua yakni yang progresif dan konservatif. Kepala desa yang baik adalah yang progresif, sehingga, desa pun mempunyai surplus kesejahteraan dan inovasi.

Sejarah pemerintahan desa jika berdasar pada orang yang memiliki kekuatan lokal. Pola kepemimpinannya pun menciptakan pemerintahan yang kurang bagus. Harusnya, pemerintahan desa harus selalu meng-endorse SDM perangkat-perangkatnya. Hal ini akan membuat komponen desa menjadi lebih berdaya.

Saat ini, masih ada ketimpangan jumlah desa dengan jumlah pendamping desa. Iya, jumlah pendamping desa masih cukup sedikit. Dimana seharusnya, satu pendamping bertanggung jawab untuk satu desa saja. Sehingga, jumlah pendamping harus ditambah agar berbagai permasalahan terkait desa bisa lebih cepat ditangani.

Meskipun korupsi di desa sangat kecil, tetapi, ada kecenderungan untuk naik. Jika tidak segera diatasi, maka dapat memengaruhi capaian dan program-program memajukan desa.

Semua program memajukan desa yang positif harus kamu dukung dengan penuh semangat. Terutama jika kamu adalah seorang pemuda, maka ikut serta lah dalam setiap program yang berjalan. Sehingga, desamu akan lebih progresif. (TM)
Sumber: Berdesa.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BACA JUGA