Home Budaya Musuk, Dusun Kecil di Batulanteh yang Kaya Pesona

Musuk, Dusun Kecil di Batulanteh yang Kaya Pesona

155
Musuk,  Dusun Kecil di Batulanteh yang kaya Pesona

Sumbawa, Batulanteh.com – Pesona Tersembunyi Dusun Musuk, yang terletak di Desa Tangkam Pulit Kec. Batulanteh Kab. Sumbawa, NTB ini penuh dengan kelimpahan anugerah dari Sang Kuasa berupa alam hebat yang kaya dan memiliki banyak potensi yang seharusnya jika dikembangkan akan mampu memberikan banyak manfaat bagi negeri kaya Indonesia.

Hari selasa 25 april 2017, Batulanteh.com berkesempatan berkunjung ke Dusun Musuk, yang terletak di desa Tangkam Pulit Kec. Batulanteh Kab. Sumbawa,.

Di tempat ini kami bersama tim kembali takjub melihat banyaknya potensi yang dapat dikembangkan oleh masyarakat. Seperti hasil alam yang saat ini digarap oleh warga yang merupakan petani kopi yang profesional namun tetap menggunakan cara – cara tradisional demi menjaga kelestarian budaya leluhur mereka.

Melalui kemandirian, masyarakat diberikan kesempatan untuk menjaga dan mengelola kawasan hutan untuk mensejahterakan masyarakat tinggak di dalamnya dan disekitaran kawasan tersebut.

Melalui paparan salah satu warga Dusun Musuk, Syafutra Akbar Yasin kepada Batulanteh.com saat ditemui di Musuk, selasa (25/4/2017).

Dijelaskan bahwa dusun Musuk memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan daerah – daerah lain di kecamatan Batulanteh.

“Jika potensi yang ada disini bisa benar – benar dimanfaatkan oleh warga,  tentu ini akan menjadi luar biasa.  Kami bangga bisa berada dan menjadi bagian dari dusun kecil ini,” tutur Syafutra.

BACA JUGA: Batulanteh, Potret Negeri Kecil Diatas Awan

Masyarakat yang giat mengolah lahan pun, kini mulai berpikir untuk mengolah hasil kebun mereka agar bernilai lebih. Contohnya dengan menciptakan produk-produk seperti: gula merah/ gula aren, madu, bubuk kopi hitam, dan aneka kerajinan tangan sebagai oleh-oleh khas daerah mereka. Indonesia benar-benar negeri kaya yang mampu memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Belum habis disitu,  kami juga kagum akan produk-produk hasil olahan disana yang saat itu diajak untuk jalan-jalan disekitar dusun tersebut kami mendapati pesona tersembunyi yakni air terjun dengan dengan air yang jernih dan sangat dingin. Dimana kita bisa menikmati segarnya air jernih dan anak-anak dapat berenang tanpa rasa khawatir.

Kelak air terjun tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjadi ecco wisata yang mampu menjadi sumber penghasilan tambahan warga dusun Musuk jika nanti daerah ini bisa menjadi tujuan destinasi wisatawan baik itu dari dalam negeri maupun mancanegara. (Tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here