Home Budaya Minim Pelestarian, Adat Istiadat di Desa Baturotok Bisa Punah

Minim Pelestarian, Adat Istiadat di Desa Baturotok Bisa Punah

237
Minim Pelestarian, Adat Istiadat di Desa Baturotok Bisa Punah
Desa Baturotok/Batulanteh.com

NTB, Batulanteh.com – Adat desa yang kental dengan budaya tradisional dan mestinya harus dilestarikan adalah identitas kita, jangan sampai tergerus dan punah. Inilah masalah yang terjadi di Desa Baturotok, kecamatan Batulanteh.

Pesan moral terkait pelestarian desa dapat melestarikan kekayaan adat dan budaya desa agar tidak terkikis zaman. Terlebih dalam era digital saat ini, masyarakat desa, terutama remaja dan pemuda rentan mendapat pengaruh budaya asing.

Semua pihak terkait perlu dilibatkan dalam melestarikan dan menjaga adat desa. Salah satu yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat yang cinta akan adat istiadat. Melalui berbagai pelatihan, masyarakat tersebut akan diberikan pengetahuan lebih luas terkait budaya. Mereka juga diajari untuk dapat mengembangkan desa tanpa mengesampingkan keberadaan adat-istiadat desa.

Sebaiknya ketika melakukan pembangunan desa harus mempertimbangkan adat istiadat lokal. Apalagi desa yang memiliki potensi besar di bidang pariwisata. Dengan adanya beragam budaya yang sangat kental di desa-desa itu bisa dikembangkan dan dipromosikan sehingga dapat menarik wisatawan. “Tinginya potensi ekonomi desa adat dapat meningkatkan perekonomian desa.

Lebih dari itu, upaya memperkuat desa adat dilakukan dengan memberi pelatihan karakter kepada masyarakat. Pelatihan semacam ini pernah digelar di Bali dengan tema utama Mejejahitan pada 13-17 Juni 2016.

Pelatihan tersebut bertujuan mempertahankan budaya yang memang sudah menjadi khasnya di desa tersebut.Pelatihan terhadap masyarakat juga diarahkan dengan pengelolaan hasil pertanian sesuai karakteristik budaya dan kebutuhan masyarakat tersebut.

Bila berbicara mengenai adat, masyarakat desa Baturotok sudah sangat memahami. Hanya saja, mereka memiliki kelemahan karena minimnya pelatihan masyarakat akan pentingnya adat istiadat di desa untuk mempertahankan budaya lokal serta bertujuan agar masyarakat adat dapat bertahan dan meningkatkan perekonomian desa.

Alhasil, ada banyak sekali adat istiadat yang sebenarnya sudah melekat kuat di tengah masayarakat desa Baturotok dan kini mulai tergerus. Jika tak benar – benar diperhatikan ini bisa punah bahkan hilang. (Tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here