Home Budaya Mengenal 4 Surga Wisata Tersembunyi Didesa Tepal

Mengenal 4 Surga Wisata Tersembunyi Didesa Tepal

309
Mengenal 4 Surga Wisata Tersembunyi Didesa Tepal
Mengenal 4 Surga Wisata Tersembunyi Didesa Tepal

Sumbawa, Batulanteh.com – Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu kabupaten yang sangat terkenal akan keunikan Budaya dan keindahan alamnya terbukti dengan jumlah destinasi wisata alam dan wisata budaya di Kabupaten Sumbawa yang sangat banyak. Desa Tepal contohnya, Desa ini merupakan Desa unik yang masih mempertahankan adat istiadat dan tradisi budaya leluhurnya, terletak di sebelah selatan kabupaten Sumbawa yang berjarak sekitar 40 KM dari pusat kota Sumbawa. Belum adanya akses yang memadai menuju lokasi menyebabkan potensi wisata tersebut tidak bisa dikunjungi dengan mudah. Untuk mengunjungi Desa ini kita bisa menggunakan sepeda motor jenis trail dan Hartop karena kondisi jalan yang cukup ektrim dan terjal. Jika masyarakat dan pemerintah  saling mendukung dalam mengelola objek wisata yang ada maka menjadi potensi besar untuk kedepan untuk percepatan pembangunan di kabupaten Sumbawa.

Berikut ini adalah destinasi wisata tersembunyi di Desa Tepal yang mengagumkan di Desa Tepal, Batulanteh :

1. AIR TERJUN TELKAN

Mengenal 4 Surga Wisata Tersembunyi Didesa Tepal
Keindahan Air Tejun Telkan Desa Tepal

Air terjun telkan terletak di Desa Tepal,Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa.Lokasinya sangat mudah dijangkau dari Desa Tepal yaitu berjarak sekitar 1 km dari Desa Tepal. Air terjun ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan karena tidak tersedianya sarana transportasi yang memadai menuju tempat ini,namun beberapa turis mancanegara sudah pernah mengunjungi air terjun ini. Untuk menuju lokasi dari pusat kota Sumbawa besar dapat ditempuh dalam waktu 2 jam menggunakan sepeda motor jenis trail, dan 4 jam menggunakan mobil jeep atau Hartop.

Pesona air terjun ini sungguh memukau dari ukiran batu alami  yang memanjang menghiasi tebing telaga, ditambah lagi dengan air telaga yang sangat jernih serta kesejukannya membuat telaga air terjun sangat cocok untuk mandi. Air terjun ini terdiri dari  empat tingkat dan terdapat empat telaga, kedalaman telaga mencapai 600 meter setiap telaga memiliki nama tersendiri. Untuk tingkat pertama bernama perpas tiu telkan tingkat kedua bernama perpas tiu senapur tingkat ketiga bernama perpas tiu kemuter dan tingkat keempat bernama perpas tiu semporon leak.

Air terjun ini juga memiliki nilai sejarah berdasarkan masyarakat setempat yaitu tempat dibuangnya “leak” atau lebih dikenal dengan orang yang mempelajari ilmu hitam  oleh masyarakat Desa dahulu kala dan diceburkanlah ia ke telaga tiu semporon leak. Semporon dalam bahasa Tepal artinya menjatuhkan Leak dari ketinggian.

2. SITUS BATU TULIS

SITUS BATU TULIS
Photo Situs Batu Tulis

Batu ini terletak di sebelah selatan Desa Tepal, berjarak sekitar empat kilometer dari Desa Tepal dapat ditempuh menggunakan kuda ataupun berjalan kaki melalui jalan setapak menyusuri hutan belantara. Wisatawan local maupun mancanegara batu ini dikenal dengan situs batu bergores karena di permukaan batu ini terdapat beberapa goresan dengan kedalaman sekitar 2 centimeter berbentuk lambang kuno dan beberapa lambang senjata, binatang, manusiadan  alat masak seperti sendok dan piring. Dibatu ini juga terdapat  beberapa tanda panah seperti menunjukkan arah sesuatu. Menurut tetua Adat desa Tepal Batu ini erat kaitannya dengan sejarah terbentuknya Desa Tepal, ketika masa Datu Macanni yaitu seorang yang sangat berpengaruh di Desa Tepal pada zaman dahulu. Batu ini diperkirakan ada pada masa batu peak dalam bahasa Tepal artinya jaman batu belum keras seperti saat ini. Batu ini tetap dijaga dan dirawat oleh pemerintah Kabupaten Sumbawa dan pemerintah Desa Tepal. Sampai saat ini belum ada yang dapat memaknai lambang dan goresan diatas Batu tersebut kecuali para tetua adat Desa Tepal, namun sifatnya sangat dirahasikan, dan tidak dapat dipublikasikan dengan alasan adat.

3. BATU BETUNUN

BATU BETUNUN
Batu Betunun di Desa Tepal

Ada ritual khusus masyarakat Desa Tepal dalam meminta hujan namanya upacara eneng ujen artinya upacara meminta hujan. Upacara ini sangat jarang dilakukan terkecuali saat musim paceklik tidak ada hujan berbulan-bulan padahal daerah ini didominasi pegunungan serta hutan belantara dan daerah yang sangat tinggi curah hujannya, namun kondisi tertentu seperti paceklik dikhwatirkan gagal panen. Para tokoh adat Desa Tepal melakukan upacara adat eneng ujen( minta hujan), upacara ini dilangsungkan di atas sebuah batu besar berukuran sekitar 4×4 meter persegi sehingga mampu menampung sekitar 20 orang,batu ini terletak di sebelah selatan Desa Tepal berjarak sekitar 5 km dengan berjalan kaki atau berkuda melalui jalan setapak, batu ini berada di ketinggian kurang lebih 1200 Meter diatas permukaan laut,disebelah kanan dan sebelah kiri batu ini terdapat jurang diperkirakan kedalam 900 meter sehingga untuk menaiki batu ini perlu sangat hati-hati, permukaan batu yang rata dengan tempat yang sangat tinggi, sehingga bisa menikmati indahnya pemandangan hamparan pegunungan, akan sangat indah ketika berada di pagi hari menikmati sunrise.

4. PUNCAK NGENGAS

Gunung Puncak ngengas
Keindahal alam dipuncak gunung Puncak Ngengas
Gunung Puncak Ngengas terletak disebelah utara Desa Tepal,Kecamatan Batulanteh Sumbawa puncak ngengas merupakan salah satu puncak gunung tertinggi yang ada di kabupaten Sumbawa ketinggian Gunung puncak ngengas yakni 1.975 MDPL , dengan melalui Hutan belantara dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 10 jam berjalan kaki dari Desa Tepal, dengan jalur yang cukup terjal menjadikan sensasi tersendiri bagi para pendaki gunung. Belum banyak yang pernah melakukan trekking ke puncak ngengas, namun sudah ada beberapa kelompok pecinta alam sudah menggapai puncak ngengas, semua destinasi wisata yang ada di Desa Tepal tentu tidak lepas dari nilai-nilai sejarah, pasalnya di puncak gunung puncak ngengas terdapat sebuah tugu berukuran sekitar 1×1 meter dengan ketinggian sekitar 4 meter. Menurut para tetua Desa Tepal tugu tersebut dibangun pada masa penjajahan jepang sebagai bukti penguasaan wilayah oleh penjajah jepang di selatan Kabupaten Sumbawa. Puncak ngengas merupakan salah satu potensi wisata pendakian, berhubung di kabupaten Sumbawa sendiri belum ada lokasi dan Gunung yang pas diperuntukkan sebagai wisata pendakian, jadi jika pembaca adalah pecinta pendaki Gunung silahkan muncak di daerah sendiri.

Itulah 4 destinasi wisata yang tersembunyi di Desa Tepal kabupaten Sumbawa, Tertarik berkunjung ke Desa Tepal?

Penulis : Isnaini, S.H

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here