Home Bisnis Budak, Masakan khas nan Pahit Asal Batulanteh

Budak, Masakan khas nan Pahit Asal Batulanteh

102
Budak, Masakan khas nan Pahit Asal Batulanteh
Budak adalah makanan Khas Batulanteh/Batulanteh.com

Sumbawa,  Batulanteh.com – Masakan khas paling terkenal di Kabupaten Sumbawa, yakni singang dan sepat. Negeri pemilik pulau moyo ini masih menyisakan satu lagi penganan yang cukup unik, yakni pucuk rotan.

Untuk mendapatkan sayuran ini anda bisa berkunjung ke Sumbawa selatan yakni kecamatan Batulanteh. Disana pucuk rotan biasa lebih dikenal dengan sebutan budak.

Sebagian besar orang barangkali lebih mengenal rotan sebagai bahan kerajinan ataupun furniture. Namun di sini, rotan tak hanya memiliki fungsi itu saja, namun juga menjadi santapan sehari-hari masyarakat setempat.

Mendengarkan beberapa cerita masyarakat Batulanteh, pucuk rotan ini mulanya biasa disantap warga ketika masuk hutan untuk beraktivitas sekedar untuk mengganjal perut. Semakin lama, pucuk rotan inipun menjadi pendamping makanan yang diminati.
Pucuk rotan biasanya dijumpai sebagai lalap, namun bisa juga dimakan tersendiri. Meski rasanya agak pahit, namun ketika dimakan bersama sambal, pucuk rotan ini memiliki citarasa yang menarik. Menurut warga disana, pucuk rotan juga dipercaya berkhasiat menambah nafsu makan.

Cara membuatnya cukup dipanggang saja selama beberapa menit. Rotan yang dipakai tentu saja bukan rotan yang sudah tua, melainkan pucuk rotan saja. Bagian ujung rotan ini dipotong sekitar satu meter dari ujung, karena masih memiliki daging kayu yang empuk. Nah, untuk menyantapnya, seseorang harus membuka kulit rotan terlebih dulu, kemudian menyantap ‘daging’nya.

BACA JUGA : Mengintip Goreng Belunak, Sayuran Khas Masyarakat Batulanteh

Pucuk rotan atau budak juga bisa diolah menjadi sayur atau gulai, masyarakat setempat lebih menyukai cara ini ketimbang dijadikan lalapan saja. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan makanan unik ini bisa saja mampir ke kawasan pedalaman Batulanteh.

Jika kurang cocok dengan tekstur dan rasa pucuk rotan sebagai lalapan, Anda bisa juga mencoba mengolahnya menjadi sayur. Hampir mirip dengan membuat sayur rebung, bahan untuk membuatnya terbilang simpel. Cukup dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, tomat, dan tentu saja pucuk rotan. Pastikan pucuk rotan sudah diambil bagian tengah atau dagingnya saja, dan diiris pendek.

Budak, Masakan khas nan Pahit Asal Batulanteh
Pucuk Rotan atau Budak yang sudah dikupas

Selain itu, Anda juga akan butuh garam, minyak sayur, gula pasir, merica bubuk dan pala bubuk. Setelah bahan-bahan siap panaskan minyak dan tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, dan tomat yang telah diiris, sampai harum.

Masukkan pucuk rotan yang telah diiris, aduk rata, masukkan air, garam, merica, gula pasir, dan pala bubuk. Aduk sampai matang, sehingga sayuran ini pun siap untuk di hidangkan. Sayur ini cocok disantap bersama nasi dan sambal. Tertarik mencobanya?  (Tm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here