SHARE
Tips Bisnis Sukses dari Ippho Santosa
Tips Bisnis Sukses dari Ippho Santosa
Tips Bisnis Sukses dari Ippho Santosa
Tips Bisnis Sukses dari Ippho Santosa/Batulanteh

Batulanteh.com – Jika anda senang membaca buku – buku motivasi maka nama Ippho ‘Right‘ Santosa sudah tak asing lagi. yah, Beliau sempat mengalami kegagalan beberapa kali, sekarang Ippho Santosa sukses memiliki sejumlah bisnis dan menjadi penulis buku best seller di Indonesia. Prinsip sukses pria kelahiran Pekanbaru tahun 1977 ini, salah satunya dengan membuat orang lain kaya sehingga dengan sendirinya kita akan diberikan kemudahan oleh tuhan.

Berikut ini Tips Sukses Berbisnis Untuk Pemula Ala Ippho Santosa :

1. Bisnis harus Dimulai
Menurut Ippho, sebaik – baiknya bisnis adalah bisnis yang dijalankan bukan direncanakan dan biarkan seiring waktu bisnis itu berkembang dengan sendirinya sembari terus belajar dan belajar.

2. Belajar Sambil Jalan
Sambil menjalankan bisnis, bisa sambil belajar dengan mencari pembimbing atau mentor, ikut komunitas, belajar lewat sosial media atau internet. Tak harus yg terkenal dan pakar, yg penting mumpuni di bidang yg Anda geluti, misalnya belajar kepada orang tua, teman/kerabat, atau tetangga yg berpengalaman di bidang bisnis itu.

3. Fokus pada Tujuan
Dengan kata lain, jangan latah melihat bisnis orang lain. Jalankan hanya satu bisnis pada satu waktu, jangan dua sekaligus. Kecuali, bila bisnis Anda yg pertama sudah berjalan stabil, systemnya sudah ada, dan berjalan rapi. Setelah bisnis bisa berjalan tanpa Anda, silakan membuka cabang atau bisnis berikutnya, meski itu tidak berhubungan dengan bidang sebelumnya. Untuk mengetahui apakah bisnis sudah bisa berjalan sendiri atau tidak, cobalah tinggalkan bisnis Anda satu bulan lamanya.

4. Segmentasi Pasar
Sesuaikan sistem pemasaran yang cocok bagi pangsa pasar Anda. Pastikan pasar anda jelas sehingga anda dapat dengan mudah menargetkan produk anda secara tepat sasaran.

5. Jangan Muluk-muluk
Kerjakan apa yang bisa Anda lakukan. Menurut Ippho Santosa, banyak pemula yg bermimpi muluk, seperti membuka cafe, berbisnis prosperty, dsb. Jika memang tidak bisa memproduksi sendiri, jual saja barang dangangan dari orang lain, tidak harus memiliki brand sendiri dulu.

6. Jauhi Hutang
Berbisnislah sesuai kemampuan, sehingga ketika usaha merugi, Anda tidak terlilit utang. Bila tak punya modal, Anda bisa mencoba menjualkan barang milik orang lain. Andai terpaksa berutang, lakukan itu pada bisnis berikutnya secara rasional.

7. Bertahan pada Zona Tidak Nyaman
Jika kita kuat dan gigih dalam berbisnis, pasar akan mencari kita. Menjadi pengusaha harus memiliki mental dan daya tahan yang kuat. Itu sebabnya, Anda harus menikmati bidang yang Anda geluti dan senantiasa mengabaikan zona nyaman anda.

8. Disiplin
Menjadi bisnisman harus punya mental disiplin. Ketika karyawan tidak disiplin, resikonya masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan pengusaha yang tidak disiplin. Sebab, resikonya bisa berimbas pada keberlanjutan usaha anda.

9. Berbisnis itu Seperti Mendaki Gunung
Saat orang sedang mendaki gunung tentu mereka membutuhkan stamina, strategi, dan planning yang rapi. Sayangnya, banyak pengusaha pemula yang justru bersikap seolah sudah berjalan di atas gunung, dalam arti bersenang-senang. Padahal, Anda tidak pernah menemukan orang mendaki gunung sambil main gitar, bukan? Sebab, bermain gitar akan lebih mudah dilakukan setelah sampai di puncak gunung.

10. Perhatikan Karyawan Anda
Selain memberikan gaji, berikan pula insentif berupa bonus atau bagi hasil kepada karyawan. Berikan pula perubahan positif terhadap lingkungan Anda dengan membantu dan berbagi kepada mereka. Sehingga, usaha Anda tidak hanya bermanfaat bagi diri pribadi, tapi juga bagi karyawan dan orang-orang di sekeliling Anda. ajari mereka berbisnis dan mencintai bisnis anda.

Itulah Tips Sukses Berbisnis Untuk Pemula dari Ippho Santosa sang motivator hebat Indonesia. Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dan menjadi pembisnis yang handal pada bidang yang kita geluti. (TM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here