SHARE
Ikan Karper Raksasa
Ikan Karper Raksasa
Ikan Karper Raksasa
Ikan Karper Raksasa/Batulanteh

Batulanteh.com – Hidup di desa atau kampung memang membutuhkan pengeluaran yang relatif lebih kecil daripada dikota. Tetapi bukan berarti kita juga tak harus bekerja keras. Kebutuhan didesa juga terbilang cukup besar jika kita tak memiliki pendapatan sampingan. Untuk itu, alangkah baiknya usaha sampingan yang relatif memerlukan modal kecil bisa menjadi peluang anda bagi yang memilih menetap di desa atau kampung.

Berikut ini merupakan contoh sejumlah peluang usaha yang bisa kita kerjakan di desa. Ide berikut ini di tujukan bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha sukses. Jangan kira orang desa tidak bisa sukses lho.

1. Usaha bidang hidroponik

Hidroponik
Hidroponik

Sangat sederhana dan mudah dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam itulah yang dinamakan sistem hidroponik. Hasil sistem pertanian hidroponik sangat digemari oleh masyarakat karena terbilang lebih higienis. Sistem hidroponik juga lebih murah dan praktis jika kita tahu bagaimana caranya mengelolahnya.

Walaupun bagi kita yang tinggal di desa biasanya memiliki lahan yang luas. Bertani sayuran dengan sistem hidroponik justru akan membuat pemanfaatan lahan menjadi lebih efektif. Kita bisa mencoba bertani dengan berbagai jenis sayuran tanpa harus jauh – jauh ke kebun.

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, berikut ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin memilih jenis media yang akan digunakan.

  • Media memiliki kemampuan untuk menyimpan air. Karena tanaman butuh nutrisi yang kita berikan pada air tersebut.
  • Media harus memiliki struktur yang gembur, sehingga banyak zat nutrisi yang tersimpan dan tersebar dengan baik.
  • Nilai kandungan garam yang rendah
  • Tidak mudah berubah bentuk walaupun terjadi perubahan suhu
  • Bebas hama agar tanaman tumbuh dengan optimal
    Memiliki kandungan kapur atau kalsium

Dibutuhkan beberapa pengetahuan agar Anda mampu mengembangkan bisnis hidroponik yang sukses. Sekarang ini internet telah membuat semuanya menjadi semakin mudah. Manfaatkan Google untuk mencari informasi tambahan untuk Anda.

2. Ternak Ayam Kampung

ternak ayam kampung Batulanteh
Ternak Ayam Kampung/Batulanteh

Seperti yang di kutip dari beberapa sumber bahwa pada tahun 2015 hingga 2016 kebutuhan daging ayam kampung terus mengalami peningkatan. Sementara itu, peternak ayam kampung hanya mampu memenuhi kebutuhan pasar sebesar 25% – 30% saja.

Dengan demikian, dapat kita ambil kesimpulan bahwa ternak ayam kampung merupakan peluang usaha yang lumayan menjanjikan.

Ada 3 metode yang bisa Anda coba ketika ingin beternak ayam kampung.

Pertama : Metode Umbaran
Metode umbaran sangat popular dikalangan masyarakat pedesaan. Sebab metode ini tidak membutuhkan perawatan khusus.

Metode umbaran adalah metode ternak ayam kampung dengan cara tradisional yaitu membiarkan ayam mencari makanan sendiri, Anda hanya perlu menyediakan kandang untuk tempat ayam berteduh saat hujan atau tidur saat malam hari.

Pada umumnya, ternak ayam kampung metode umbaran dilakukan dengan skala yang masih kecil. Anda bisa menggunakan sistem ini jika Anda memiliki lahan yang luas sekali. Jadi ayam tidak akan mengganggu tetangga sebelah.

Kedua : Metode Semi Intensif
Metode semi intensif adalah dengan cara membuat kandang yang luas agar ayam tak lepas kemana – mana. Sebagai contoh membuat pagar dari jaring ikan, atau dengan pagar tertentu pada hamparan lahan yang ada.

Metode ini membuat Anda menjadi lebih mudah untuk melakukan kontrol. Baik dari segi makanan, kesehatan dan pertumbuhan ayam kampung itu sendiri.

Ketiga : Metode Intensif
Metode intensif yaitu ayam kampung dikandang sepanjang hari, tidak dilepas kemana – mana. Cara ini memang membutuhkan modal, terutama untuk pembuatan kandang ayam dan biaya pakan.

Metode intensif memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, perlu pengetahuan yang cukup agar proses ternak dan biaya dapat memberikan keuntungan.

3. Usaha kerajinan tangan (Industri Kreatif)

Tampi Batulanteh
Tampi Batulanteh

Kutipan yang diperoleh dari acara Inacraft 2017 mengatakan ekspor kerajinan tangan dari negara Indonesia meningkat hingga 1.35%. Sementara pasar Indonesia hanya mampu memenuhi 1.41% saja.

Tak peduli jika kita tinggal di desa atau kampung. Kita tetap bisa memasang target pasar nasional bahkan internasional.

Ya!! Peluang usaha industri kreatif seperti kerajinan bisa dikatakan sangat menjanjikan. Apalagi bagi Anda yang memiliki keterampilan khusus dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan.

Sekarang ini, banyak sekali contoh industri kerajinan tangan yang bisa kita temukan seperti, kerajinan dari bahan bekas, tas dari daun, berbagai hiasan untuk rumah tangga dan ribuan jenis kreasi lainnya.

4. Membuka usaha pangkas rambut atau salon

Anda bisa membuka salon cukur rambut. Usaha ini terbilang sangat menjanjikan. Harga cukur rambut sekarang ini berkisar 15,000 rupiah. Bayangkan jika dalam satu hari Anda bisa mencukur rambut 10 orang. Penghasilan Anda sudah mencapai 150 ribu perhari.

Jika Anda sudah terkenal, mungkin bisa lebih dari 10 orang perhari. Apalagi Anda bisa ramah ketika melayani pelanggan. Tentu banyak yang akan menjadi pelanggan setia Anda. Walau terlihat dan terkadang diremehkan. Profesi ini hasilnya lebih besar dari pegawai kantoran.

5. Membuka bimbel (Kursus)

Kursus Batulanteh
Kursus/Batulanteh

Sekarang ini kesadaran akan betapa pentingnya pendidikan semakin tinggi. Peluang usaha bimbel mungkin belum cukup popular di wilayah pedesaan. Akan tetapi, jika memang tingkat kebutuhan pendidikan tinggi, Anda bisa memulai usaha ini di daerah pedesaan.

Jika Anda menguasai komputer, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bimbel komputer. Anda bisa menyediakan peralatan komputer lalu mengajarkan mereka sesuai dengan modul pembelajaran yang sering kita temui pada kursus – kursus komputer.

Selain bidang komputer, masih banyak jenis bimbel yang lain, seperti bidang pelajaran matematika, bahasa indonesia dll.

6. Toko Sembako

Toko sembako (Sembilan bahan pokok) merupakan jenis usaha yang terus di gemari oleh masyarakat Indonesia, baik itu di wilayah kota maupun desa.

Sembako merupakan kebutuhan pokok manusia setiap saat, jadi tidak akan pernah ada hentinya. Usaha ini juga cocok untuk diperhatikan jika Anda telah melakukan anlisa yang lengkap terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa tips sebelum membuka toko sembako

Posisi dan lokasi warung
Jenis produk yang akan dijual
Catatan yang lengkap mengenai keluar masuk barang
Ramah melayani konsumen
Memberikan harga kompetitif pada salah satu produk untuk daya tarik warung usaha Anda. Sebagai contoh ada sayur yang dihargai dengan harga murah.

7. Menjual Aneka Bibit

Bibit Tanaman Batulanteh
Bibit Tanaman/Batulanteh

Masyarakat desa pada umumnya suka berkebun. Anda bisa menyediakan aneka bibit sesuai dengan trend perkebunan yang ada di pedesaan. Anda bisa menyediakan berbagai jenis bibit. Coba perhatikan trend yang ada, lalu perhatikan juga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagai contoh bibit bibit cabai, bibit sayuran, bibit buah dan aneka tanaman kebun lain. Anda tentu bisa menilai, apakah peluang ini ada di desa Anda.

8. Usaha perkebunan / Bercocok tanam

Masyarakat desa memang terkenal memiliki lahan yang luas. Dengan demikian banyak hal yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya adalah dengan memanfaakan lahan untuk berkebun. Sayur dan buah – buahan bisa menjadi fokus utama anda dalam memilih dan bahkan anda bisa memilih dua – duanya skaligus.

9. Budidaya ikan

Budidaya ikan juga merupakan binsis yang sangat menjanjikan di desa. Kebutuhan pasar yang ada disekitar desa yang masih minim pemasok ikan di pasar menjadi peluang besar bagi anda. Anda juga bisa membuka pemancingan umum sehingga tidak perlu repot – repot menjual dengan berkeliling di desa.

Untuk itu, langkah yang paling penting ketika ingin memulai usaha budidaya ikan adalah, cobalah untuk mencari kemampuan pasar terlebih dahulu. Dengan analisa data seperti seperti cara diatas, kita dapat menghitung budidaya ikan apa yang cocok untuk dijalankan.

Berikut ini ada beberapa jenis ikan yang bisa di budidaya :

Ikan hias : Ikan mas koi, Arwana, Cupang, Lougan, Gurame, Oscar, Rainbow fish, Man fish dll.
Ikan untuk kebutuhan : Ikan Nila, Betutu, Lele, Belut, Galah, Gurame, Kepting,Karper dll.

9. Jasa Foto Copy/Print/Cetak Foto

Jasa Cetak Foto Batulanteh
Jasa Cetak Foto/Batulanteh

Usaha Sampingan ini sangat mudah dijalankan. Mengapa tidak, usaha ini hanya membutuhkan satu jelas alat dan anda bisa melakukan ketiganya yakni Copy, Print skaligus Cetak Foto.

Kesimpulan :

Kesuksesan dari usaha ditentukan oleh anda sendiri bukan hanya dari jenis usaha yang anda geluti. Semua tergantung bagaimana anda mengembangkan usaha anda agar terus dikenal dan memiliki pasar dan konsumen yang jelas. Anda tertarik mencoba yang mana? (TM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here